wonderfull cha

wonderfull cha
anak shalehah, cerdas dan lembut hati

Sabtu, 25 Desember 2010

Bisul di Kelopak Mata Balita Akibat Debu

"Adik, mengapa mengucek mata terus? Gatal, ya?" Anda pastilah sering mendapat si balita menggosok-gosok matanya yang gatal akibat kemasukan butiran debu. Tapi mengapa tak lama kemundian, tak hanya matanya memerah. Benjolan di kelopak mata atas semakin besar, dan jadi bisul?

Gara-gara kelenjar “mampet”. Pada kelopak mata kita terdapat sejumlah “mulut” atau muara dari kelenjar-kelenjar mata. “Mulut-mulut” kelenjar ini terletak kira-kira 1 - 2 mm dari garis pertumbuhan bulu mata. Nah, “mulut-mulut” kelenjar yang berbentuk lubang-lubang ini cukup rentan mengalami penyumbatan. Terutama, jika tangan balita sehabis giat bereksplorasi, debu atau kuman dari tangannya akan menempel pada kelopak matanya.

Penyumbatan ini bisa terjadi baik pada “mulut” kelenjar yang terletak di sebelah dalam maupun luar kelopak mata. Kalau bisul balita terlihat seperti memiliki “mata”, artinya bisul itu terjadi akibat penyumbatan pada “mulut” kelenjar yang terletak di sebelah luar kelopak mata. Bila bisul tersebut dibiarkan pecah sendiri ke arah luar, nantinya kalau sudah sembuh, akan meninggalkan bekas luka pada permukaan kulit.

Tak selalu infeksi. Penyumbatan pada “mulut” kelenjar di kelopak mata balita ini, tidak selalu disertai dengan infeksi. Jadi, hanya akan terasa sebagai benjolan-benjolan kecil pada kelopak mata. Umumnya, balita tidak mengeluh nyeri atau sakit pada matanya. Itu sebabnya, pengobatannya cukup dilakukan dengan cara dikompres air hangat dan diberi salep antibiotika. Selanjutnya, akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu antara dua minggu hingga satu bulan.

Bagaimana jika infeksi? Kelopak mata balita akan disertai dengan rasa panas di bagian yang terinfeksi dan sekitarnya, serta kulit kelopak mata tampak kemerahan. Balita pun akan merasa nyeri atau sakit pada matanya yang terinfeksi. Nah, kalau yang ini, selain perlu diberi salep antibiotik yang dioleskan pada kelopak matanya, juga obat antibiotik yang diminum.

Selain itu, kalau benjolan cukup besar (mirip jerawat kecil), mungkin perlu dilakukan penyayatan (insisi) untuk mengeluarkan isinya. Tindakan ini biasanya dilakukan dari sebelah dalam kelopak mata supaya tidak meninggalkan bekas.

Adanya bisul di mata tentu akan menimbukan rasa tidak nyaman bagi balita. Makanya, lebih baik kita cegah. Apalagi caranya juga tidak sulit, yakni dengan selalu menjaga kebersihan mata balita. Tanamkan pada balita kebiasaan cuci tangan dengan sabun antiseptik hingga bersih. Juga, ingatkan agar ia tidak mengucek-ucek matanya dengan tangan. Selain itu, terapkan pola hidup sehat dalam keluarga Anda.


From :Ayah bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar