wonderfull cha

wonderfull cha
anak shalehah, cerdas dan lembut hati

Sabtu, 25 Desember 2010

Bayi Juga Butuh Tertawa

Dengan bercanda dan tertawa bersama sejak anak masih bayi, orang tua bisa lebih dekat dengan anak. Hasilnya akan positif. Bayi lebih gampang diajak komunikasi.

Dengan bercanda, orang tua bisa mengatasi hambatan komunikasi dengan bayi karena bayi belum lancar berbicara. Simak perkembangan rasa humor pada bayi berikut ini :

* Bayi 0 – 6 bulan. Senyum pertama bayi akan muncul di usia 6 minggu. Tertawa merupakan reaksi pertamanya saat ia sedikit kaget atau takut. Bayi sangat menyukai permainan lucu saat orang tua mengeluarkan suara –suara aneh. Bayi juga menyukai gerakan-gerakan lucu seperti ketika kita menggendongnya tiba-tiba kita berjongkok kemudian berdiri lagi terus berulang-ulang.
* Bayi 6-12 bulan. Saat usia 10 bulan bayi bisa mencari sendiri hal apa yang bisa membuatnya tertawa. Bayi juga menganggap lucu sesuatu yang tidak lazim, misalnya seperti ketika kita memakai celana di kepala. Permainan yang paling mudah untuk membuat bayi tertawa memasuki usia satu tahun adalah permainan ciluk baa.
* Bayi usia 12-18 bulan. Saling menggelitik saat ini adalah kegiatan favorit bayi. Bayi satu tahun juga mulai bisa tertawa melihat tontonan favoritnya.
* Bayi usia 18 bulan keatas. Bernyanyi bersama-sama sambil menirukan perilaku dan suara hewan sangat disukai bayi. Saat ini bayi sudah mulai bisa memahami humor secara verbal. Tingkah laku badut juga bisa membuatnya tertawa terpingkal-pingkal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar